10 Manfaat Susu Kambing Murni, Baik untuk Pencernaan! bandung barat jawa barat

Anda mungkin pernah melihat olahan sumsum kambing di mana-mana. Tapi, tahukah Anda, selain dagingnya yang enak dan juga susunya yang enak, susu dari hewan mamalia ini juga tak kalah enaknya untuk dikonsumsi. Bukan hanya masalah rasa tapi kandungan dan manfaat susu kambing murni bisa menjadi pengganti susu sapi atau susu berbahan dasar nabati lainnya.

 

Susu kambing lebih kaya akan kalsium, protein dan zat-zat lain yang penting bagi tubuh Anda dibandingkan dengan susu sapi yang biasa dikonsumsi. Berdasarkan laporan United States Department of Agriculture (USDA) mengenai hal tersebut, berikut perbandingan nilai gizi 1 cangkir (237 mililiter) susu kambing dan susu sapi. Menurut penelitian, perbandingan susu kambing vs susu sapi jelas menunjukkan bahwa kandungan protein, kalsium, magnesium, fosfor, magnesium, dan kalium dalam susu kambing lebih unggul daripada susu sapi. Selain itu, keunggulan susu kambing adalah ramah terhadap pencernaan manusia, lebih mudah dicerna, dan memiliki jumlah prebiotik yang lebih banyak yang memberi makan bakteri menguntungkan di saluran pencernaan Anda.

 

Sayangnya, susu kambing murni dan turunannya lebih sulit ditemukan untuk dibeli. Hal ini disebabkan kapasitas produksi mereka lebih rendah dari sapi perah. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika susu kambing memiliki nilai jual lebih dari susu sapi. Bagi Anda yang ingin mengganti asupan susu harian dengan susu kambing, berikut 10 manfaat susu kambing murni dan olahan yang wajib Anda ketahui:

 

1. Sumber protein tinggi

Protein merupakan salah satu nutrisi yang dikonsumsi setiap hari yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah banyak untuk membangun jaringan dan organ tubuh, membentuk antibodi, serta merupakan sumber energi penting selain lemak dan karbohidrat.

 

Susu Kambing memiliki kadar protein yang lebih tinggi dibandingkan susu sapi dan susu nabati. Jumlah protein yang ada pada susu kambing adalah sembilan gram sedangkan pada susu sapi adalah 8 gram. Jika susu nabati seperti susu kedelai mengandung 6-7 gram protein dan susu almond 0-1 gram protein. Dengan manfaat tersebut, susu kambing dapat membantu melengkapi kebutuhan protein harian Anda dan sebagai pengganti susu sapi. Tapi, yang jelas masih sarat dengan sumber protein lain seperti daging, telur, bahkan kacang-kacangan.

 

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Tahukah Anda bahwa susu kambing mengandung mineral penting yang membantu sistem kekebalan tubuh kita? Ya, mineral selenium yang terdapat pada susu kambing terbilang cukup banyak jika dibandingkan dengan susu sapi.

 

Selenium dalam tubuh Anda bekerja sebagai antioksidan. Ini juga meningkatkan kekebalan dan juga membantu mengurangi peradangan. Oleh karena itu, pentingnya selenium bagi kesehatan Anda tidak boleh diabaikan. Karena jumlah selenium dalam susu kambing dapat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap segala jenis cuaca dan tingkat aktivitas fisik, serta membantu melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Segelas menu susu kambing dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan membuat Anda lebih sehat.

 

3. Menjaga kesehatan pencernaan

Banyak orang setelah minum susu mengeluh diare, kembung, dan mulas. Bukannya sehat, tubuh malah loyo setelah konsumsi susu. Dalam kebanyakan kasus, kondisi ini disebabkan ketidakmampuan tubuh mencerna laktosa dalam produk susu akibat alergi susu tertentu. Susu kambing yang mengandung laktosa dan kaya protein diyakini jauh lebih mudah dicerna oleh saluran pencernaannya dibandingkan dengan susu sapi. Selain itu, ada penelitian yang menunjukkan bahwa susu kambing memicu lebih sedikit reaksi alergi dibandingkan susu sapi. Namun, yang terbaik bagi mereka yang memiliki riwayat atau riwayat alergi susu untuk terlebih dahulu berbicara dengan profesional medis yang berpengalaman untuk memastikan keamanannya.

 

Adanya prebiotik dalam susu kambing juga membantu memastikan bakteri baik masuk ke dalam sistem pencernaan agar jumlahnya tetap normal atau bahkan bertambah sehingga membantu metabolisme tubuh.

 

4. Mencegah pengeroposan tulang

Tak hanya sebagai sumber protein, alasan utama orang minum susu adalah untuk menambah kebutuhan kalsium dalam tubuh. Ini karena peran penting yang dimainkan kalsium dalam menjaga kesehatan tulang dalam kondisi baik.

 

Seperti yang Anda ketahui dari tabel perbandingan nutrisi di atas, 1 cangkir (237 mililiter) susu kambing mengandung 327 mg kalsium. Setinggi 51 mg lebih banyak kalsium daripada yang ditemukan dalam susu sapi. Karena alasan inilah menambahkan susu kambing ke dalam diet Anda dapat menjadi cara yang bagus untuk meningkatkan asupan kalsium harian untuk orang dewasa sekitar 1.000 mg/hari dan anak-anak sekitar 1.300 mg/hari.

 

Bahkan sebuah penelitian pada tahun 2014 di Rusia mengungkapkan bahwa Rusia memberikan 400 ml susu kambing per hari ke 42 lansia diyakini memiliki efek positif pada metabolisme tulang dan mencegah osteoporosis bila dikombinasikan dengan terapi.

 

5. Dalam mengurangi resiko penyakit jantung

Penyakit jantung adalah salah satu penyakit yang paling sering mematikan. Untuk mengurangi risiko terkena penyakit jantung, ada banyak kebiasaan sehat yang bisa Anda lakukan low mulai dengan berolahraga dan mengikuti pola makan sehat di antaranya adalah menambahkan susu kambing ke dalam diet sehat Anda.

 

Susu kambing kaya akan asam lemak tak jenuh (tunggal dan ganda) trigliserida rantai menengah (MCT) yang dapat mencegah berbagai jenis penyakit jantung. Selain itu, kandungan magnesium yang tinggi pada susu kambing dapat bermanfaat untuk menjaga detak jantung yang sehat dan menghentikan peningkatan kadar kolesterol sehingga jantung dapat lebih sehat.

 

6. Menjaga kesehatan gigi

Siapa yang tidak menginginkan gigi yang kuat dan sehat? Agar hal ini memungkinkan, Anda harus menyadari asupan kalsium harian Anda. Selain penting untuk kesehatan tulang, kalsium juga berfungsi untuk mendukung perkembangan gigi yang sehat dan kuat.

 

Dari kalsium yang diserap tubuh, sebagian besar disimpan di gigi dan tulang. Kalsium digunakan untuk membuat jaringan gigi dan menjaga kesehatan gigi. Jika tidak ingin gigi Anda tanggal dan menjadi rawan pembusukan, perbanyaklah konsumsi minuman dan makanan yang kaya akan kandungan kalsium. Susu kambing merupakan sumber kalsium pilihan yang baik untuk konsumsi sehari-hari. Jumlah kalsium dalam susu kambing mampu memenuhi 33% kebutuhan gizi harian, lebih banyak dari susu sapi yang hanya 28%.

 

7. Menurunkan kadar kolesterol

Susu kambing mengandung linoleat, yang membantu menurunkan kadar kolesterol. Sejumlah penelitian telah menunjukkan manfaat minum susu kambing untuk menurunkan kadar kolesterol di kantong empedu dan di arteri. Dengan ini, baik penderita kolesterol maupun yang memiliki kadar kolesterol yang terjaga dapat menentukan pilihan konsumsi susu yang lebih baik.

 

Manfaat susu kambing lainnya setelah menjaga kadar kolesterol tetap normal adalah mencegah penyempitan pembuluh darah (aterosklerosis) yang dapat memicu serangan jantung dan stroke.

 

8. Kulit halus dan sehat.

Anda mungkin mengetahui berbagai produk perawatan kulit yang terbuat dari susu kambing yang meliputi produk pencuci tubuh, lulur, dan banyak lagi. Susu kambing yang kaya akan asam lemak, asam laktat dan vitamin A diduga dapat memberikan nutrisi alami yang bermanfaat bagi kesehatan kulit Anda.

 

Jika Anda mencari kulit yang halus dan lembut, produk yang terbuat dari susu kambing bisa menjadi pilihan terbaik. PH susu kambing sama dengan kulit manusia. Oleh karena itu, tidak berbahaya bagi kulit dan bermanfaat bagi mereka yang memiliki kulit sensitif. Selain itu, asam laktat dalam susu kambing memasok air secara maksimal ke kulit sehingga ideal bagi mereka yang menderita kulit kering. Komponen lain seperti vitamin A dan asam lemak dapat menguatkan permukaan kulit dan mengangkat sel kulit mati.

 

9. Memaksimalkan penyerapan nutrisi dalam tubuh

Sebuah studi tahun 2002 menunjukkan bahwa meminum susu kambing dapat meningkatkan kemampuan tubuh dalam menyerap nutrisi dari makanan sehingga lebih efisien.

 

Ini juga berbanding terbalik dengan jumlah produk susu sapi yang mengganggu kemampuan tubuh untuk menyerap tembaga dan besi bersamaan dengan bahan makanan lainnya. Kesimpulannya, dikatakan bahwa diet yang dilengkapi dengan segelas susu kambing dapat membantu penyerapan semua nutrisi dan tidak membuang apapun.

 

10. Tingkatkan kualitas tidur Anda

Apakah Anda mengalami kesulitan tidur? Cobalah minum segelas susu kambing hangat sebelum memejamkan mata sebelum tidur. Asam amino triptofan yang terdapat dalam susu kambing membantu produksi hormon serotonin tubuh. Hormon serotonin sangat penting untuk menjaga kestabilan mood sekaligus meningkatkan relaksasi. Ini juga bertanggung jawab untuk membantu menciptakan hormon melatonin, juga dikenal sebagai hormon tidur. Jadi, menyeruput segelas susu kambing sebelum tidur dipercaya dapat membantu Anda lebih cepat tertidur dan lebih mudah terlelap.

 

Tidak sulit untuk melihat manfaat susu kambing murni dan produk olahannya karena kandungan gizinya yang tinggi. Selain itu, keunggulan susu kambing dibandingkan susu sapi dan susu nabati juga sudah terbukti secara klinis. Dimulai dengan jumlah protein, natrium, magnesium, kalsium, dan kalium, tidak ada yang bisa mengalahkan susu kambing. Inilah sebabnya mengapa Anda tidak perlu khawatir menggunakan susu kambing untuk melengkapi kebutuhan nutrisi Anda di hari itu. Banyaknya manfaat susu kambing murni dapat membantu anggota keluarga seperti Anda untuk menjaga kesehatan tubuh secara alami. Bukan hanya daya tahan tubuh yang kuat tetapi juga mampu menurunkan berbagai jenis penyakit mematikan, seperti kolesterol, stroke dan serangan jantung. Selain menjaga dari dalam, manfaat susu kambing murni juga demikian.

 

terlihat dari luar, berkat gigi yang sehat serta tampilan kulit yang glowing, lembap dan lembut yang menjamin penampilan Anda selama menjalani rutinitas. Meskipun menemukan ambing kambing murni bukanlah tugas yang mudah, namun ada banyak peternakan tepercaya yang memproduksi dan menjual susu kambing beku, kalengan, dan bahkan bubuk dengan harga berbeda.

 

ThHarga susu kambing yang bisa didapatkan di pasaran adalah Rp. 44.000-85.000 per 200 gram untuk bubuk keju kambing mentah. Rp. 6.600-10,00 per 200ml susu kambing beku atau kemasan botol. Kalau melihat harga susu kambing dengan susu sapi, sebenarnya bisa dua kali lipat lebih mahal. Namun, mengingat kandungan gizi daging kambing yang juga lebih tinggi dibandingkan susu sapi atau susu nabati, biaya yang harus dikeluarkan sesuai dengan manfaat kesehatan yang ditawarkannya.

 

#susukambing #susu #kambing #susukambingmurni #susumurni #sususegar #manfaatsusukambing #waktu minum susu #obatsusukambing #efeksusukambing #susukambingsachet #khasiatsusukambing #susukambingterbaik #hargasusukambing

Comments

Popular posts from this blog

Penarik dan Trailering

Anak Seorang Pencuri

Makin Romantis dan Kompak dengan 9+ Sepatu Couple Terbaik!