5 Tips Belajar UI UX untuk Pemula

5 Tips Belajar UI UX untuk Pemula

Profesi di bidang UI dan UX sudah pasti kala ini sudah memadai terdengar familiar. Di tahun 2018 saja keperluan UI UX designer meraih angka 6.800 dan kebutuhannya terus bertambah tiap tiap tahunnya. Menjadi UI UX designer juga terlalu diminati oleh para generasi minimal, keliru satu alasannya sebab jenjang karir yang lebih sadar dan gaji lebih tinggi. Tercatat di tahun 2021 seorang UI UX designer bisa beroleh gaji kisaran 8 juta sampai 16 juta rupiah. 

Tersedianya banyak lowongan di bidang UI dan UX sudah pasti mengakibatkan banyak orang yang tertarik studi bidang tersebut. Menariknya, pekerjaan ini sering kali tidak mengharuskan seseorang untuk mempelajari suatu style pendidikan tertentu.

Sebelum mulai mempelajari UI UX ada perihal basic yang wajib anda pahami yaitu apa itu UI dan UX. UI adalah kepanjangan user interface yang artinya penampilan keseluruhan visual desain sebuah proses yang mempunyai tujuan memperindah sebuah aplikasi atau situs yang mempunyai tujuan untuk tingkatkan kepuasaan pelanggan.

Sedangkan UX adalah user experince yang merupakan sebuah proses mendesain suatu product cocok bersama dengan permohonan atau keperluan dari para pengguna. Perbedaan UI dan UX yang paling mendasar adalah obyek dari design.  

Ilmu yang diperlukan untuk mempelajari bidang UI dan UX bisa dipelajari sendiri asalkan anda ada niatan dan rela terus belajar. Nah, terkecuali penasaran bersama dengan bidang ini dan inginkan mencoba memiliki karier di bidang UI atau UX, selanjutnya ini tips studi UI UX yang wajib anda ketahui:

Kenali Prinsip UI UX Terlebih Dahulu

Hal yang jadi cakupan dari user interface atau UI adalah semua aspek visual yang ditampilkan di website. Jadi, tips studi UI UX yang pertama adalah bersama dengan lebih mengenal apa saja komitmen dari UI UX itu sendiri.

Ada lebih dari satu komitmen dari UI dan UX design yang wajib diketahui. Pertama adalah warna. Pelajari dasar-dasar warna dan psikologi warna. Setelah itu, komitmen lain yang mesti diketahui adalah balance atau keseimbangan, contrast hingga typography. 

Seorang UI dan UX designer wajib bisa mengakibatkan desain yang sepadan bersama dengan mencermati kontras dan sudah pasti menentukan font huruf yang enteng dibaca. Terakhir adalah konsistensi. Prinsip ini paling mutlak sebab bersama dengan konsisten anda bisa menciptakan design yang lebih baik.

Ketahui Proses Kreatif UI UX

Setelah sadar komitmen di atas, tips studi UI UX yang seterusnya adalah bersama dengan sadar proses kreatifnya. Proses kreatif yang pertama adalah discover. Discover adalah awal dimulainya tiap tiap proyek. Di proses, ini tiap tiap designer wajib mulai melaksanakan riset, melacak inspirasi, dan menyatukan ide.

Selanjutnya adalah bagian define di mana designer wajib sudah bisa mendefinisikan inspirasi yang sudah dimiliki. Proses kreatif sesudah itu adalah develop atau pengembangan kala designer mulai mengakibatkan konsep dan mengujinya sampai beroleh hasil yang diinginkan.

Dalam proses ini, designer wajib bisa selamanya tingkatkan dan menyempurnakan inspirasi agar hasilnya lebih maksimal. Terakhir adalah delivery yang mengharuskan designer untuk produksi dan merampungkan proyeknya. 

Perbanyak Referensi

Salah satu tips studi UI UX design yang memadai mutlak yaitu bersama dengan selamanya tingkatkan ilmu bersama dengan melacak referensi. anda wajib sudah bisa membedakan layaknya apa desain yang baik dan jelek dan juga melacak sadar berlebihan dan kekurangan dari suatu design. Hal selanjutnya bisa dijalankan bersama dengan memperbanyak referensi.

Selain bersama dengan memandang hasil desain dari designer  lain, anda juga bisa tingkatkan referensi bersama dengan membaca artikel. Carilah artikel seputar UI UX design untuk tingkatkan pengetahuan. Banyak membaca artikel juga bisa membuatmu lebih sadar berkenaan tren terakhir yang tengah dibicarakan yang bisa saja akan diperlukan dalam proyekmu nanti.

Pelajari Software yang Dibutuhkan 

Tidak cuma memperbanyak referensi, anda juga wajib mulai studi mengfungsikan tools atau software yang diperlukan bagi seorang UI UX designer. Beberapa misal tools atau software yang digunakan pada bidang UI dan UX adalah Sketch, InVision Studio, Marvel, dan juga AdobeXD.

Ikut Kelas Pelatihan Online

Tips Belajar UI UX design yang seterusnya adalah bersama dengan mengikuti kelas pelatihan online khusus. Mengikuti kelas pelatihan online beri tambahan kesempatan bagi anda untuk tumbuh dan berkembang sebagai designer UI UX yang profesional. Sebagai rekomendasi, anda bisa mengikuti kelas pelatihan online di Mahir Digital. Di Mahir Digital yang disajikan oleh pijarmahir.id, semua materi dan proses pengajaran akan dipandu segera oleh para ahli dan praktisi UI UX ternama.

Selain itu, anda juga berkesempatan untuk merasakan impuls dan antusiasme di dunia desain UI dan UX. Pasalnya, dalam kelas online tersebut, anda bisa beroleh insight baru dari materi yang disampaikan oleh para profesional di bidang UI UX 

Menarik bukan? Yuk, daftar dan studi UI UX di Pijar Mahir sekarang juga!

Comments

Popular posts from this blog

Penarik dan Trailering

Anak Seorang Pencuri

Makin Romantis dan Kompak dengan 9+ Sepatu Couple Terbaik!